ISRA’ MIRAJ

15 Jun

Salam kemamusiaan!
Pada bulan Rajab merupakan bulan di mana Nabi Muhammad SAW melaksanakan Isra’ Miraj. Isra’ Miraj merupakan salah satu mukjizat terbesar karena Nabi Muhammad pada saat itu dijalankan dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsa kemudian dinaikkan ke Sidhratul Munthaha. Di Sidhratul Munthaha. Dalam perjalan isra miraj tersebut Rasulullah membawa titah suci dari Allah SWT yaitu perintah Shalat 5 waktu sehari semalam yang diwajibkan kepada seluruh umat Islam.
Untuk mengenang peristiwa yang sangat menakjubkan dan tersimpan sejuta hikmah yang dapat diambil, maka pada setiap bulan Rajab dilaksanakanlah peringatan Isra’ Miraj di berbagai penjuru dunia Islam. Oleh karena itu, KSR-PMI Unit IAIN Antasari Banjarmasin pun ikut merayakannya sebagai wujud rasa cinta mereka kepada Nabi Muhammad SAW dan sebagai wujud rasa syukur kepada Allah karena KSR masih berdiri tegak sampai sekarang walaupun diterpa berbagai angin topan.
Acara Isra’ Miraj yang kami laksanakan ini merupakan salah satu program kerja Divisi Sosial dan Keagamaan yaitu Peringatan Hari Besar Islam. Acara ini terselenggara pada hari Selasa, 14 Juni 2011 di lokal 4 dan 5 PAI pada jam 18.00 s.d. selesai. Adapun ketua pelaksananya adalah Eka Purnamasari. Adapun tema kegiatan “Dengan Isra Miraj Kita Tingkatkan Ukhuwah Islamiyah”. Acara ini diisi dengan pembacaan Maulid Habsy selesai shalat maghrib berjamaah yang dibawakan oleh para anggota KSR sendiri, kemudian selesai shalat Isya adalah acara inti yaitu ceramah agama yang disampaikan oleh Ustadz Ahmad. Acara ini juga dihadiri oleh Pembantu Rektor III IAIN Antasari yaitu Ayahanda Prof. Dr. Mahyuddin Barnie, M. Ag. dan beberapa undangan dari dari UKM dan UKMK yang ada di Kampus Hijau serta juga turut berhadir undangan dari KSR lain yang ada di Kal-Sel.
Alhamdulillah acara ini berjalan dengan lancar dan terselenggara sebagai mana mestinya. In semua tak lepas dari pertolongan Allah. Terima ksih kepada semua pihak yang telah membantu hingga terselenggaranya acara ini. Terima ksih kepada komandan yang selalu memberikan motivasi kepada kami sehingga kami dapat menyelenggarakan acara ini.

Satu Tanggapan to “ISRA’ MIRAJ”

  1. y@di 21 Desember 2011 pada 19:10 #

    Apakah peristiwa agung Isra dan Mikraj terjadi dalam satu malam yang sama?

    Faktanya dalam AQ, peristiwa Isra terjadi pada tahun ke 12 Nabawi, sebagaimana diceritrakan dalam Surah Bani Israil yang diturunkan pada tahun tsb. Sedangkan peristiwa Mikraj terjadi pada tahun ke 5 Nabawi, sebagaimana diceritrakan dalam Surah An Najm (ayat 7-17) yang turun pada bulan Rajab pada tahun tsb. Jadi kedua peristiwa agung ini terpisahkan selama kl 7 tahun, dengan peristiwa Mikraj terlebih dahulu.

    Demikian pula kesaksian dari hadith-hadith, yang menceritrakannya satu peristiwa satu peristiwa. Tidak ada hadith yang menceritrakan kedua peristiwa itu dalam satu malam.

    Mohon koreksinya.

Tinggalkan komentar